Wajib Tahu! Begini Cara Mengetahui Ciri-ciri Oli Palsu

Tanggal : 02 November 2022 , Penulis : Tim Konten

Wajib Tahu! Begini Cara Mengetahui Ciri-ciri Oli Palsu

Federal Oil - Bulan Oktober lalu, Polda Jawa Tengah berhasil menggrebek sebuah rumah di Semarang Jawa Tengah yang diduga sebagai tempat produksi oli plasu. Dari penggrebekan tersebut, Polisi menahan dua orang tersangka dan menyita barang bukti ribuan botol oli palsu siap edar.

Penggrebekan tersebut berawal dari salah satu tersangka yang sedang menjual produk oli palsu ke masyarakat.

Dari penggrebekan tersebut, Polisi juga menyita barang bukti lain seperti 3 mesin video set, 3 mesin alat pengikat, 6 tandon penampungan oli, serta 50 drum kosong.

Dengan adanya kasus tersebut, Feders harus berhati-hati dalam mebeli pelumas untuk kendaraan Feders, jangan sampai kamu memakai oli palsu yang berkibat fatal pada mesin kendraan kamu.

Berikut ini cara mengetahui ciri-ciri oli palsu, kamu perlu menyimak supaya tidak tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ciri-ciri oli palsu yang sering ditemui secara kasat mata jauh perbedaannya dari oli asli. Oli palsu kalau sudah dituang, di bawah dalam botol ada endapan hitam, hal ini karena hasil penyulingan oli palsu biasanya enggak sebagus oli asli pabrikan.

Kemudian, secara aroma atau baunya juga berbeda dengan oli yang asli. Oli palsu jika dicium bau sangit seperti habis terbakar. 

Kemudian dari banderol harga, biasanya oli palu dijual lebih murah dari pelumas yang asli. Karena setiap pabrikan oli memiliki Harga Eceran Tertinggi dan Terendah yang sudah ditentukan.

Jika oli tersebut dijual lebih murah dari harga eceran terendah sebuah merk oli, besar kemungkinan, oli tersebut palsu.

Nah, kan Feders teknik pemalsuan sudah makin canggih, resiko-resiko seperti ini bisa saja kita alami sendiri.

Sobek labelnya, pasti besar kesempatannya

Artikel Lainnya

Rekomendasi Oli Motor

Info Produk